Redraft NBA Draft 2008: Siapa yang Berhasil dan Siapa yang Gagal Memenuhi Ekspetasi?

Jesse D. Garrabrant/NBAE via Getty Images
Tim-tim NBA bagaikan melakukan perjudian di NBA Draft, mereka memilih prospek pemain muda sesuai dengan kebutuhan tim, dengan harapan bisa menjadi franchise player mereka di masa depan.

Baca juga: Sistem draft NBA

NBA Draft 2008 ini merupakan draft class yang cukup bagus dengan alumninya menghasilkan dua MVP, lima pemain allstar, dan beberapa pemain yang memiliki karier yang cukup solid. Nah, bagaimana jika dilakukan pemilihan ulang draft? Siapa saja yang pantas di top 10 pick di NBA Draft 2008? Ini daftarnya

1. Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder) - Chicago Bulls
Original pick: Derrick Rose

Beberapa tahun terakhir Derrick Rose memang masih berada di peringkat 1 redraft, tetapi berdasarkan pencapaian kariernya dua tahun terakhir, Derrick Rose harus terlempar dari urutan pertama redraft ini

Dia sempat bermain luar biasa di tiga tahun awal kariernya di NBA, puncaknya adalah meraih MVP di 2011, salah satu faktor utama dia mengalami penurunan performa yang cukup drastis adalah cedera kambuhan yang sering melanda Derrick Rose.

Baca juga: Perjalanan karier Derrick Rose

Russell Westbrook mengambil alih Rose di posisi satu, dia menjadi salah satu top 5 player terbaik di NBA selama 3 tahun terakhir, musim lalu dia baru saja meraih gelar MVP nya.

2. Kevin Love (Cleveland Cavaliers) - Miami Heat
Original pick: Michael Beasley

Michael Beasley menjadi rekrutan bust di NBA Draft setelah menjalani karier di luar ekspetasi, dia lebih sering berganti-ganti tim sekarang.

Kevin Love adalah satu-satunya pemain di top 10 pick yang sudah menjuarai NBA bersama Cleveland Cavaliers. Mantan rekan satu tim Russell Westbrook di UCLA ini sudah terpilih NBA allstar sebanyak 4 kali. Love dikenal sebagai double-double player dan memiliki kemampuan three point yang cukup baik.

3. DeAndre Jordan (L.A. Clippers) - Minnesota Timberwolves
Original pick: O.J. Mayo

O.J Mayo kariernya seolah berhenti di tengah jalan, musim lalu dia tidak bermain satupun pertandingan NBA karena didera hukuman drug violation oleh NBA sampai 2018.

Yang paling pantas mengisi pick nomor 3 adalah DeAndre Jordan yang sejatinya dipilih di second round urutan nomor 35. Jordan merupakan finisher ulung yang memiliki persentasi field goal diatas 65% sekaligus defender yang bagus tetapi memiliki kelemahan di free thrownya yang begitu buruk.

4. Derrick Rose (Free Agent) - Seattle Supersonics
Original pick: Russell Westbrook

Derrick Rose bertukar posisi dengan Russell Westbrook disini, keduanya mengalami karier yang berlawanan, Westbrook meraih MVP dan mencetak rekor demi rekor sedangkan Rose mantan MVP termuda yang sedang berjuang menemukan ritme permainannya kembali.

5. Brook Lopez (Los Angeles Lakers) - Memphis Grizzlies
Original pick: Kevin Love

Brook Lopez naik lima posisi dari nomor 10 pick NBA draft, dia merupakan top 10 center di NBA dan memiliki rataan 18.6 ppg dan 7.1 rpg.

6. Eric Gordon (Houston Rockets) - New York Knicks
Original pick: Danilo Gallinari

Eric Gordon merupakan peraih Sixth Man of The Year musim lalu karena perannya di second unit Houston Rockets sangat krusial musim lalu. Salah satu faktor Rockets menempati posisi tiga klasemen adalah mereka dikelilingi oleh shooter handal, Gordon salah satunya.

7. Serge Ibaka (Toronto Raptors) - L.A. Clippers
Original pick: Eric Gordon

GM Oklahoma City Thunder, Sam Presti melakukan pilihan draft yang cemerlang dengan memilih Serge Ibaka di urutan 24, dia menjadi shot blocker terbaik NBA di lima tahun awal kariernya dan menjadi bagian intergral OKC yang mencapai final 2012 lalu, Ibaka layak dipilih di top 10 pick.

Sekarang Ibaka bermain di Toronto Raptors, walaupun kemampuan defensenya menurun dia masih menjadi pemain yang cukup solid di NBA.

8. Danilo Gallinari (L.A. Clippers) - Milwaukee Bucks
Original pick: Joe Alexander

Joe Alexander menjadi bust setelah hanya bermain selama dua tahun di NBA. Danilo Gallinari menggantikan posisinya di nomor 8 NBA draft, dia menjalani karier yang cukup solid selama 9 tahun terakhir ini walaupun sering dirundung cedera.

9. Goran Dragic (Miami Heat) - Charlotte Bobcats
Original pick: D.J. Augustin

Goran Dragic awalnya dipilih di urutan 45 second round draft, dia sekarang bermain bersama Miami Heat dan menjalani karier yang baik disana, musim kemarin dia mencatat rata-rata poin tertinggi selama kariernya sebanyak 20.3 pergame.

10. Nicolas Batum (Charlotte Hornets) - New Jersey Nets
Original pick: Brook Lopez

Pemain asal perancis ini merupakan salah satu dari overachievers dari second round NBA draft, dia menjadi bagian penting dari Portland Trail Blazers selama tujuh tahun sebelum pindah ke Charlotte Hornets hingga sekarang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Redraft NBA Draft 2008: Siapa yang Berhasil dan Siapa yang Gagal Memenuhi Ekspetasi?"

Post a Comment