5 Tim NBA yang Meningkat Kekuatannya di Free Agency 2017

Foto: Brad Rempel-USA TODAY Sports

Free Agency sering dijadikan momentum bagi tim-tim yang berniat untuk memperkuat skuadnya dengan mengontrak pemain-pemain yang habis masa kontraknya maupun sekedar menambal skuad yang ditinggalkan pemainnnya.

Selain mengontrak pemain-pemain free agent, tim bisa juga melakukan pertukaran pemain antar pemain maupun pemain dengan draft pick mendatang.

Pada free agency 2017 banyak perpindahan pemain yang mengejutkan seperti Chris Paul yang dikabarkan akan ke Spurs secara mengejutkan menyebrang ke Houston Rockets. Sedangkan Paul George yang lebih difavoritkan ke Celtics tiba-tiba berpindah haluan ke Oklahoma City Thunder bergabung dengan Russell Westbrook, dan Jimmy Butler yang pindah ke Minnesota Timberwolves melalui trade pada NBA Draft Juni lalu.

Golden State Warriors, Sacramento Kings dan Philadelphia 76ers membuat gebrakan di free agency dengan merekrut pemain-pemain yang cukup solid dan menambah kedalaman bench mereka.

Ini adalah lima tim NBA yang meningkat kekuatannya di free agency 2017.

1. Sacramento Kings

Vlade Divac GM dari Kings membuat keputusan yang membuat banyak pihak mengernyitkan dahi dengan menukar superstar mereka DeMarcus Cousins ke New Orleans Pelicans dengan pemain seperti Buddy Hield, Tyreke Evans, Langston Galloway, 1st Round picks, dan 2nd Round milik Philadelphia dan melakukan tanking di sisa musim mereka.

Semua berubah sejak NBA Draft 2017, Kings memilih point guard Kentucky De'Aaron Fox di urutan 5, kemudian Kings menukar pick nomor 10 ke Portland dengan pick nomor 15 dan 20 yang digunakan untuk memilih Justin Jackson dan Harry Giles. Selanjutnya mereka memilih Frank Mason III dari Kansas di urutan nomor 34.

Mereka melakukan pilihan draft yang sesuai dengan kebutuhan tim di posisi guard, forward, dan big men. Kings layak diapresiasi di Draft 2017.

Kemudian di free agency, mereka secara all-out merekrut pemain bagus yang tersedia di free agency, mereka kedatangan mantan point guard Utah Jazz George Hill yang bermain cukup solid musim lalu dengan rataan 16.9 poin pergame. Dengan bergabungnya Hill yang berpengalaman dapat berpengaruh bagus dengan backourt yang sudah diisi oleh pemain muda De'Aaron Fox dan Buddy Hield.

Selain itu ada pemain veteran lainnya yaitu mantan pemain allstar Zach Randolph dan Vince Carter, walaupun mereka sudah melewati masa emasnya tetapi dengan pengalaman mereka dapat berpengaruh baik pada pemain-pemain muda Kings.

Bukan hal yang mengejutkan jika Kings dapat masuk ke playoff setelah 11 tahun absen.

2. Philadelphia 76ers

Dengan kedatangan Markelle Fultz di NBA Draft Juni lalu, Philadelphia mengalami pertambahan kekuatan yang cukup signifikan yang sudah dihuni oleh pemain muda Joel Embiid, Ben Simmons, dan Dario Saric dan mereka memiliki potensi menjadi superteam berikutnya.


Tim muda tanpa pemain veteran berpengalaman ibarat sayur tanpa garam, maka Philadelphia mendatangkan salah satu shooter terbaik NBA J.J Redick dengan kontrak satu tahun, Redick diproyeksikan akan mengisi backourt bersama dengan Fultz.

Kemudian mantan pemain Celtics Amir Johnson menjadi tambahan pemain solid di frontcourt bersama Dario Saric dan Joel Embiid. Amir Johnson dapat menjadi pemain cadangan yang cukup baik ataupun bermain bergantian dengan Saric mengisi starting lineup.

Jika Joel Embiid bisa bermain tanpa diganggu cedera dan Ben Simmons bermain konsisten sebagai seorang rookie setelah debutnya musim lalu tertunda karena cedera, maka 76ers bisa menapak lebih jauh di playoff dan menjadi batu sandungan bagi LeBron James dkk.

3. Golden State Warriors

Golden State Warriors saat free agency memang fokus untuk meresign pemain-pemain yang menjadi bagian saat Warriors menjuarai NBA beberapa waktu lalu.

Selama free agency berlangsung mereka memberi kontrak baru kepada Stephen Curry selama lima tahun sebesar $201 juta, lalu Kevin Durant, yang rela menerima gaji lebih kecil dengan nilai kontrak $53 juta selama dua tahun.

Kemudian dua super sub Warriors Andre Iguodala dan Shaun Livingston tetap di Warriors. Zaza Pachulia dan David West masing-masing menerima kontrak kecil selama satu tahun.

Dua pemain baru yang datang dari free agency adalah Nick Young dan Omri Casspi. Omri Casspi mendapat kontrak veteran minimum selama satu tahun. Sedangkan Nick Young menerima kontrak selama satu tahun sebesar $5.2 juta.

Omri Casspi dan Nick Young merupakan shooter yang cukup solid, mereka dapat turun dari bench dan menjadi second unit yang cukup solid saat para pemain inti diberi waktu untuk mengambil napas.

Selain kedatangan kedua pemain tersebut juga ada rookie Jordan Bell yang memiliki kemampuan defense cukup baik dan dua pemain yang menginjak tahun kedua di NBA Patrick McCaw dan Damian Jones.

4. Houston Rockets

Sepertinya Houston Rockets memang benar-benar berniat untuk membentuk superteam baru di NBA. Dimulai dengan datangnya 9 kali allstar Chris Paul yang akan bertandem dengan James Harden runner up MVP musim lalu dan membentuk backourt mengerikan di NBA.

Salah satu underrated free agent yang datang musim panas ini adalah forward P.J Tucker setelah mereka gagal mengontrak Andre Iguodala yang memutuskan bertahan dengan Warriors. Tucker merupakan defender yang tidak kalah bagusnya dengan Iguodala, dia menjadi tambahan yang bagus di defense Rockets.

Harden baru saja menandatangani kontrak empat tahun sebesar $228 juta, rekor kontrak termahal di NBA. Dengan kedatangan Paul dan Tucker maka Rockets dapat menjadi batu sandungan bagi Golden State Warriors di wilayah barat yang penuh sesak dengan tim-tim hebat.

5. Minnesota Timberwolves

Karl Anthony Towns dan Andrew Wiggins menjadi sisa starter di Minnesota Timberwolves dimana sebagian pemainnya Zach LaVine pergi ke Chicago Bulls sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran Jimmy Butler.

Minnesota melakukan kejutan dengan mendatangkan Jimmy Butler dari Bulls di malam draft dengan menyerahkan Zach LaVine, pilihan nomor tujuh draft Lauri Markkanen, dan Kris Dunn.

Kemudian di free agency Minnesota kembali melakukan gebrakan dengan datangnya mantan allstar  Jeff Teague untuk menggantikan Ricky Rubio yang pergi ke Utah Jazz. Teague akan berpasangan dengan Butler di backourt.

Lalu Taj Gibson datang untuk memperkuat frontcourt Minnesota bersama Karl-Anthony Towns. Dengan kedatangan Gibson untuk mengisi frontcourt bisa membantu Andrew Wiggins yang bermain kurang bagus ketika bertahan.

Wiggins dan Towns musim lalu menjalani musim yang produktif yang masing-masing mencetak 23 poin pergame dan 25 poin pergame ditambah dengan Jimmy Butler yang memegang rataan 24 point pergame. Jadi Minnesota memiliki tiga 20-point pemain, jumlah yang sama dengan Golden State Warriors.

Jika mereka berhasil bermain padu, bukan tidak mungkin mereka akan menjungkalkan favorit juara NBA Golden State Warriors.

Honorable Mention: Oklahoma City Thunder dan Boston Celtics






Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Tim NBA yang Meningkat Kekuatannya di Free Agency 2017"