Cara Mengenali Ciri-Ciri Fans Bandwagon NBA


Apakah kamu tahu apakah fans "Bandwagon" itu? Bandwagon fans berarti seorang fans yang mendukung tim tertentu saat mereka sedang mengalami musim-musim terbaiknya, dan akan menghilang bagai ditelan bumi jika tim yang mereka dukung mengalami kekalahan atau menjalani musim-musim terburuknya.

Berikut ini adalah cara mengenali ciri-ciri fans bandwagon:

1. Fans bandwagon tidak mengetahui dengan baik tim yang mereka dukung

Fans sejati sebuah tim mengetahui dengan baik tim yang mereka dukung, seperti seluruh pemain-pemainnya, staf pelatih, bahkan pemiliknya sekalipun. Sedangkan fans bandwagon hanya tahu pemain bintangnya saja, pemain yang sering duduk di bangku cadangan bahkan mereka tidak tahu namanya.

Lalu draft pick, mereka tidak tahu siapa pemain yang didraft oleh tim kesayangannya itu. Mereka akan mengenalinya jika pemain yang didraft itu bermain mencolok atau digembor gemborkan oleh media.

2. Fans bandwagon tidak mengetahui sejarah tim dan pemain lawas yang mereka dukung

Sangat mudah jika ingin melihat progress tim yang sekarang, tapi apakah fans bandwagon tahu sejarah tim? sepertinya tidak, mereka tidak mengetahui pemain hebat masa lalu, berapa kali mereka juara divisi, tahun berapa tim berdiri, mereka harus googling dulu untuk mengetahuinya.

Yang paling menggelikan adalah ketika ditanya pemain yang pernah bermain di tim itu dulu, saat tim yang mereka dukung belum sehebat sekarang. Ketika disodori foto pemain lawas yang bermain lima sampai belasan tahun yang lalu, mereka tidak bisa menjawab, mereka hanya melihat ciri dari pemain itu lalu mencarinya di google, misalkan pemain itu memiliki brewok maka mereka akan mencari: "Pemain tim xxx yang memiliki brewok".

3. Berapa tim yang mereka dukung?

Fans Bandwagon biasanya mendukung lebih dari satu tim, mereka akan mendukung lebih dari satu tim, nah tim lain yang mereka dukung kurang lebih sama dengan apa yang telah dicapai oleh tim yang mereka dukung.

Fans bandwagon suka sekali gonta-ganti tim, jika tim yang mereka dukung menjadi lemah karena ditinggal para superstarnya maka mereka akan mendukung tim lain atau mengikuti kemana superstar itu berlabuh dan menjadi pendukung tim itu

Memilih sebuah tim favorit sama halnya seperti memilih pasangan hidup, harus loyal sampai kapanpun.

4. Apakah alasan mereka mendukung tim itu?

Apa alasan mereka mendukung tim yang mereka dukung? Biasanya jawabannya begini
  • Mereka menyukai warna dari tim itu, biasanya ini fans bandwagon perempuan
  • Mereka hanya ikut-ikutan mendukung entah itu dari pasangan mereka, teman dekat atau keluarga mereka
  • Tim itu hebat, sering menang dan jarang kalah, ini alasan yang paling mainstream
  • Ada pemain idolanya, tapi ini masih 50-50, apakah jika pemain idolanya pindah tim mereka akan ikut pindah tim yang mereka dukung?

5. Mereka tidak berminat lagi melihat pertandingan jika tim yang mereka dukung tidak bisa mengejar ketertinggalan

Mereka akan meninggalkan arena jika tim yang mereka dukung tertinggal cukup jauh, katakanlah di kuarter 4 saat pertandingan masih tersisa cukup panjang, timnya tertinggal 20 angka, mereka akan pulang karena mereka menganggap timnya sudah kalah, atau jika menonton di televisi mereka akan memindahkan channel, mengalihkan perhatian mereka ke gadget, atau mematikan televisi dan menggerutu tidak jelas.


Itulah ciri-ciri dari fans bandwagon, menurutku sih jadi fans tim hebat sah-sah saja, apalagi baru saja melihat tim itu lalu menjadi fans mereka. Mungkin itu tahap awal menjadi fans sejati tim itu, fans sejati tidak akan meninggalkan timnya saat sedang terpuruk.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mengenali Ciri-Ciri Fans Bandwagon NBA"

  1. ulasan yang bagus dan terperinci tiap poinnya, istilah gampangnya fans yang gonta-ganti kalau ada klub yang bagus saja ya..

    oh ya kalau lagi cari valve, bisa ke supplier valve murah Jakarta saja ya.

    ReplyDelete
  2. Gampangannya bandwagon = fans karbitan ya?

    ReplyDelete