Deretan Tim Basket Kampus Terbaik yang Memiliki Alumni Hebat yang Bermain di NBA


Liga basket kampus atau biasa disebut dengan NCAA merupakan ajang pembuktian kemampuan para pemain basket muda yang bercita-cita untuk bermain di NBA. Di liga basket inilah muncul bakat-bakat baru yang akan menjadi superstar NBA di masa depan.

Ada beberapa tim basket kampus di NCAA yang memiliki alumni terbaik yang kelak akan menjadi superstar di NBA, siapa saja? ini rangkumannya

1. Kansas Jayhawks


Tim basket ini merupakan salah satu tim basket tertua di Amerika dan salah satu tim yang menduduki peringkat kedua yang memenangi pertandingan terbanyak. Kansas memegang rekor tim yang masuk turnamen nasional basket NCAA sebanyak 28 kali berturut-turut, dan telah mengoleksi 3 gelar kejuaraan nasional NCAA tahun 1952, 1988 dan 2008.

Kansas Jayhawks terakhir juara turnamen basket NCAA tahun 2008 mengalahkan Memphis Tigers yang kala itu diperkuat Derrick Rose.

Alumni Kansas yang bermain di NBA diantaranya adalah Wilt Chamberlain, Paul Pierce, Jo Jo White, dan yang masih aktif bermain di NBA yaitu Andrew Wiggins, Joel Embiid, Nick Collison, Josh Jackson, Ben McLemore dan masih banyak lagi.

2. Washington Huskies


Washington Huskies adalah tim basket kampus yang dilatih oleh Mike Hopkins menggantikan Lorenzo Romar yang dipecat musim lalu. Mereka bertanding di divisi satu liga kampus NCAA.

Alumni terbaik yang pernah dihasilkan oleh Washington Huskies adalah point guard Boston Celtics Isaiah Thomas, Small Forward Orlando Magic Terrence Ross dan yang baru-baru ini dipilih urutan nomor satu NBA Draft 2017 Markelle Fultz.  

3. Wake Forest Demon Deacons


Pecinta NBA pasti sudah mengenal Chris Paul dan Tim Duncan, dua pemain hebat ini berasal dari satu kampus yang sama di Wake Forest walaupun berasal dari era yang berbeda. 

Chris Paul menjelma menjadi salah satu point guard terbaik di NBA dan masih memburu cincin juara sampai sekarang, sedangkan Tim Duncan membawa timnya San Antonio Spurs juara NBA lima kali dan pensiun sebagai salah satu legenda disana.

Tim basket Wake Forest ini bermarkas di Lawrence Joel Veterans Memorial Museum yang dikenal dengan "The Joel" ini belum sekalipun mencicipi gelar juara liga basket kampus NCAA dan prestasi terbaiknya hanyalah berpijak di Final Four atau semi final turnamen.

Walaupun belum pernah juara tetapi kampus ini menghasilkan beberapa alumni yang bermain di NBA diantaranya Tim Duncan yang sudah pensiun, sisanya masih aktif bermain seperti Chris Paul, Jeff Teague, James Johnson, Ish Smith, Al-Farouq Aminu dan yang baru masuk NBA kemarin John Collins.

4. Duke Blue Devils


Duke Blue Devils merupakan tim basket yang telah menjuarai turnamen basket NCAA sebanyak empat kali pada tahun 1991, 1992, 2001, 2010, dan 2015. Sebanyak 71 pemain Duke dipilih di NBA Draft, jumlah yang banyak dibandingkan kampus-kampus lainnya.

Duke Blue Devils dilatih oleh Mike Krzyzewski selama 38 musim ini merupakan salah satu pelatih terbaik yang dimiliki Amerika. Dia juga melatih timnas basket Amerika selama 10 tahun dari 2006 hingga 2016 dan sudah meraih tiga medali emas olimpiade.

Alumni terkenal dari Duke adalah mantan superstar NBA Grant Hill. Sedangkan yang masih aktif di NBA adalah Kyrie Irving, Carlos Boozer, J.J Redick, Luol Deng, Austin Rivers, Jabari Parker, Mason Plumlee, Jahlil Okafor, Brandon Ingram, dan tiga pemain duke yang baru masuk NBA yaitu Jayson Tatum, Luke Kennard dan Harry Giles.

5. UCLA Bruins


UCLA merupakan tim pemegang titel turnamen basket NCAA terbanyak berjumlah 11 di tahun 1964, 1965, 1967, 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973, 1975 dan terakhir 1995. 

Banyak legenda NBA yang merupakan alumni kampus ini seperti Lew Alcindor yang sekarang dikenal sebagai Kareem Abdul-Jabbar, Bill Walton, Gail Goodrich, Reggie Miller, dan Jamaal Wilkes.

Alumni ULCA lainnya yang masih aktif di NBA adalah Russell Westbrook, Kevin Love, Zach LaVine, Trevor Ariza, Kyle Anderson, Luc Mbah a Moute, Jrue Holiday, Kevon Looney, Matt Barnes, Darren Collison, Shabazz Muhammad, Arron Afflalo dan rookie NBA LaVar Lonzo Ball, TJ Leaf, Jonah Bolden, dan Ike Anigbogu.

7. Kentucky Wildcats


Kentucky Wildcats adalah tim yang paling sukses di basket NCAA yang memiliki kemenangan terbanyak dengan 2.237 kemenangan dan telah menjuarai NCAA terbanyak kedua setelah UCLA dengan 8 titel juara tahun 1948, 1949, 1951, 1958, 1978, 1996, 1998 dan 2012 Wildcats dilatih oleh John Calipari.

Kentucky Wildcats salah satu tim yang sukses menelurkan pemain-pemain NBA seperti John Wall, Anthony Davis, DeMarcus Cousins, Karl-Anthony Towns, Rajon Rondo, Devin Booker, Brandon Knight, Eric Bledsoe, Michael Kidd-Gilchrist, Patrick Patterson, Willie Cauley-Stein, Nerlens Noel, Julius Randle, Terrence Jones, Skal Labissiere, Archie Goodwin, Jodie Meeks, Trey Lyles, Tyler Ullis, Jamal Murray, De'Aaron Fox, Malik Monk dan masih banyak lagi.

John Calipari pelatih Wildcats berkata "tujuan saya sebelum pensiun adalah melihat 12 alumni Kentucky di Allstar".

Banyaknya pemain hebat alumni Kentucky bahkan bisa membuat sebuah skuad hebat dengan anggota alumni Kentucky. Starting 5 diisi John Wall, Devin Booker, Karl-Anthony Towns, Anthony Davis dan DeMarcus Cousins. Bench diisi Rajon Rondo, Brandon Knight, Julius Randle, Willie Cauley-Stein, De'Aaron Fox, Michael Kidd-Gilchrist, dan Malik Monk.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Deretan Tim Basket Kampus Terbaik yang Memiliki Alumni Hebat yang Bermain di NBA"

  1. Ane seneng tim dari kampus kenticky wildcats. Entah ngapa permainan mereka selalu cantik..

    Kalau si UCLA kurang sneng hhe tp kalau sruh versus lawan Wildcats kentucky siap mantengin hhe

    ReplyDelete
  2. seandainya ada begini di indonesia pasti bakal seru

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat menarik, untuk kalian yang butuh informasi mengenai Cara Menebalkan Uang Saku coba dilihat juga ya

    ReplyDelete